Sinergi Matematika, Budaya, dan Teknologi: FMIPA Universitas Udayana dan FTIK UIN KH. Abdurrahman Wahid Pekalongan Gelar Seminar Bersama

`

Bukit Jimbaran, Rabu 25 Juni 2025 - Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Udayana menyambut kunjungan Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) UIN KH. Abdurrahman Wahid Pekalongan dalam rangka pelaksanaan Seminar Bersama bertajuk “Sinergi Matematika, Budaya, dan Teknologi Menuju Pembelajaran Abad 21”, yang berlangsung di lingkungan FMIPA Universitas Udayana.


Acara ini merupakan hasil kolaborasi antara Program Studi Informatika FMIPA Universitas Udayana dan Program Studi Tadris Matematika FTIK UIN KH. Abdurrahman Wahid Pekalongan. Rombongan FTIK dipimpin oleh Kaprodi Tadris Matematika, Ibu Santika Lya Diah Pramesti, M.Pd, dan disambut hangat oleh jajaran pimpinan FMIPA, yaitu Dekan Prof. Dra. Ni Luh Watiniasih, M.Sc., Ph.D., Wakil Dekan Bidang Akademik dan Perencanaan, Koordinator Program Studi Informatika, Koordinator UPIKS FMIPA, serta para dosen Prodi Informatika.


Dalam sambutannya, Dekan FMIPA Universitas Udayana menegaskan pentingnya menjalin sinergi lintas institusi dan disiplin ilmu, serta mendorong agar kerja sama ini tidak berhenti pada seminar semata, namun dilanjutkan dalam berbagai bentuk kegiatan Tri Dharma Perguruan Tinggi seperti penelitian bersama, pengabdian kepada masyarakat, program magang mahasiswa, serta pertukaran dosen sebagai narasumber.


Seminar ini menghadirkan tiga narasumber inspiratif, yaitu Dr. Ir. I Ketut Gede Suhartana, S.Kom., M.Kom., IPM., ASEAN.Eng., Ir. Agus Muliantara, S.Kom., M.Kom., dan Nurul Husnah Mustika Sari, M.Pd. Ketiganya membagikan wawasan terkait integrasi antara matematika dan informatika dalam konteks perkembangan teknologi dan kecerdasan buatan (AI), serta relevansinya dalam mendukung proses pembelajaran abad ke-21.


Melalui kegiatan ini, diharapkan lahir berbagai bentuk kerja sama yang lebih luas dan berkelanjutan dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan peningkatan mutu pendidikan di kedua institusi.