Kunjungan CIFOR ke FMIPA: Inisiasi Kerjasama Penelitian dalam Bidang Hutan dan Lingkungan

`

Kampus Bukit Jimbaran, Jumat, 22 Maret 2024, Fakultas MIPA menerima kunjungan dari Bapak Robert Frederick Finlayson seorang ahli dalam bidang penelitian hutan dan lingkungan, di kenal juga sebagai Senior Research Fellow di Center for International Forestry Research (CIFOR). sebuah lembaga penelitian internasional yang berfokus pada penelitian hutan dan lingkungan. yang berbasis di Bogor, Indonesia, dan merupakan salah satu lembaga penelitian terkemuka di dunia dalam bidang ini.  Ia juga berperan dalam pengembangan kebijakan dan praktik terbaik dalam manajemen hutan dan lingkungan. kunjungan beliau ini berlangsung di Gedung Dekanat FMIPA Lantai 4 (Ruang Dekan). beliau di sambut langsung oleh Dekan FMIPA, yaitu Prof. Dra. Ni Luh Watiniasih beserta beberapa jajaran pimpinan yang hadir di antaranya Dra. Luh Putu Eswaryanti Kusuma Yuni dari UP2M UNUD, dan Bpk Dr. Ir. Ngurah Agus Sanjaya ER selaku Wakil Dekan Bidang Akademik dan Perencanaan.


Tujuan kunjungan Bapak Finlayson adalah untuk menginisiasi sebuah topik kerjasama dalam hal penelitian yang berjudul "Sustainable Community-based Reforestation and Enterprises (SCORE): Achieving Climate and Livelihood Goals through Locally Appropriate Forest Landscape Reforestation". pertemuan ini berlangsung sekitar pukul 09:30 WIB hingga pukul 10:45 WIB. ini merupakan langkah penting dalam upaya Universitas Udayana khususnya FMIPA untuk ikut serta berperan meningkatkan kualitas penelitian dan pengabdian masyarakat, dengan memperkuat kerjasama internasional dalam bidang penelitian hutan dan lingkungan. Dalam hal demikian, FMIPA Universitas Udayana berharap dapat berkontribusi dalam mencapai tujuan pembangunan berkelanjutan dan berkesejahteraan masyarakat melalui penelitian yang berfokus pada reboisasi  yang sesuai dengan kebutuhan dan kondisi lokal nantinya.


Pertemuan ini juga menunjukkan komitmen FMIPA UNUD dalam mengembangkan kerjasama akademik dan penelitian dengan institusi terkemuka di bidang hutan dan lingkungan, seperti CIFOR. Melalui kerjasama ini, diharapkan dapat terbentuk program penelitian yang inovatif dan berdampak positif bagi masyarakat lokal serta lingkungan sekitar. pertemuan ini merupakan contoh nyata dalam mengimplementasikan visi dan misi dalam menghasilkan penelitian berkualitas tinggi yang dapat berkontribusi pada pengembangan berkelanjutan dan kesejahteraan masyarakat.