"Rapat Senat FMIPA Udayana" Pembentukan Prodi Baru dan Kenaikan Pangkat Dosen

`

Pada Jumat, 19 April 2024, di Gedung Dekanat Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Udayana Lantai 1, berlangsung rapat senat yang dihadiri oleh 26 dari 36 anggota senat FMIPA. Rapat ini dibuka oleh Sekretaris Senat Fakultas MIPA Cokorda Rai Adi Pramartha yang kemudian diikuti oleh penyampaian informasi dari Ketua Senat Prof. I Made Agus Gelgel Wirasuta dan selaku Dekan Fakultas MIPA Prof. Ni Luh Watiniasih.


Salah satu poin penting yang dibahas adalah pembentukan tiga program studi baru di FMIPA, yaitu Program Profesi Fisika Medis, S2 Informatika, dan S2 Farmasi. Untuk Program Profesi Fisika Medis, diharapkan prodi tersebut memiliki setidaknya 5 orang tenaga dosen dengan ijasah fisika medis, di mana 3 orang harus berasal dari prodi tersebut dan 2 orang dapat dialokasikan dari luar prodi. Selain itu, dosen yang mendapatkan gelar profesi di FMIPA harus melaksanakan perkuliahan di UNDIP minimal 70% waktu. dalam hal S2 Informatika, dokumen pembentukan prodi telah diajukan dan mendapatkan pendampingan dari LP3M, namun masih menunggu penugasan reviewer. Sementara itu, S2 Farmasi telah mendapatkan tanggapan positif dari LP3M dan diharapkan akan mengundang semua dosen FMIPA untuk menjadi dosen di program tersebut.


Rapat juga membahas tentang S2 Biologi, yang menerima mahasiswa melalui jalur reguler dan by research. Prodi ini sedang melakukan konversi kurikulum dan sinkronisasi pengakuan publikasi. selain itu, rapat senat juga menyetujui usulan kenaikan pangkat dosen FMIPA yang berjumlah 3 orang. Rapat ini juga menyampaikan aspirasi dari Prof. Agung Gunawan tentang pentingnya pendirian program studi dan peran dosen dalam memenuhi kebutuhan universitas. Rapat senat ini menunjukkan komitmen FMIPA dalam mengembangkan program studi baru dan mendukung kinerja dosen, sejalan dengan visi universitas dalam meningkatkan kualitas pendidikan dan penelitian.