Perangkat Lunak SEKARAI diciptakan oleh Made Agung Raharja Dosen Informatika FMIPA

`

Jumat 10 Maret 2023, Made Agung Raharja, SE, Ak, S.Si, M.Cs salah satu dosen PS Informatika FMIPA UNUD laksanakan prmodi doktor dengan judul Disertasi "Sekar Alit Recognition using Artificial Intelligence (SEKARAI).  SEKARAI ini adalah perangkat lunak pembelajaran tembang sekar alit yang dibuat dengan algoritma kecerdasan buatan (artificial intelligence) untuk pengenalan suara yang berbasis pendekatan ergonomi total untuk meningkatkan kualitas kesehatan dan pembelajaran mahasiswa dengan aplikasi berbasis android pada sisi penggunanya. Perangkat lunak berupa media pembelajaran SEKARAI ini dilaksanakan dalam bentuk pembelajaran yang ergonomis diawali dengan kajian teknologi tepat guna melalui pendekatan SHIP (Sistemik, Holistik, Interdisipliner dan Partisipatori) dengan berbagai fitur pada perangkat lunak SEKARAI. Dalam ringkasan Disertasinya dosen yang biasa dipanggil Degung ini menyampaikan tujuan dari penelitiannya adalah untuk membuktikan bahwa perangkat lunak SEKARAI berbasis pendekatan ergonomi total meningkatkan kualitas kesehatan dan pembelajaran tembang sekar alit dilihat dari dari keluhan muskuloskeletal, kelelahan, kelelahan mata, beban kerja, kebosanan, beban kognitif (peningkatan kecepatan, ketelitian dan konstansi dan hasil belajar.


Lebih lanjut dosen yang biasa dipanggil Degung ini menyatakan disertasi yang di promotori oleh : Prof. Dr. dr, I P Gede Adiatmika, M.Kes., Kopromotor I: Prof. Dr. dr. I Nyoman Adiputra, MOH., Kopromotor II: Dr.dr. Susy Purnawati, MKK ini memiliki Desain penelitian eksperimental yang menggunakan rancangan Randomized Pretest and Posttest Control Group Design. Kelompok Kontrol (KK) dan Kelompok Perlakuan (KP) dengan melibatkan masing-masing 12 orang mahasiswa. Data yang terkumpul diuji normalitasnya dengan uji Shapiro-Wilk sedangkan komparabilitanya dan uji hipotesisnya diuji dengan uji-t independent sample pada taraf signifikan 5% (a-0,05), yang pada tahap sebelumnya telah dilakukan lokakarya serta perancangan dan implementasi perangkat lunak kemudian dilakukan Usability testing terhadap perangkat lunak SEKARAI.


Dari hasil penelitian didapatkan bahwa perangkat lunak SEKARAI berbasis pendekatan ergonomi total menghasilkan penurunan signifikan pada keluhan musculoskeletal sebesar 10, 74%. Penurunan skor kelelahan sebesar 14,67% (P<0,05). Penurunan beban kognitif ditinjau dari peningkatan kecepatan sebesar 16,82% (p<0,05), ketelitian sebesar 30,05% (p<0,05) dan kekonstanan diperoleh peningkatan. sebesar 16,91% (p<0,05). Penurunan kelelahan mata menurun sebesar 12,17% (P<0,05). Penurunan beban kerja sebesar 7,60% (p<0,05). Penurunan kebosanan sebesar 17,03% dan peningkatan hasil belajar sebesar 10,05% (p<0,05). Implikasi hasil penelitian in bahwa perangkat lunak SEKARAI berbasis pendekatan ergonomi total meningkatkan kualitas kesehatan dan pembelajaran tembang sekar alit pada mahasiswa yang dilihat dari adanya penurunan keluhan muskuloskeletal, kelelahan, kelelahan mata, beban kerja, kebosanan, beban kognitif ditinjau dari peningkatan kecepatan, ketelitian dan konstansi serta peningkatan hasil belajar.



Koordinator Program Studi Informatika Ir. Dr. I Ketut Gede Suhartana, S.Kom, M.Kom, IPM, ASEAN dihubungi di sela-sela promosi doktor menyampaikan rasa syukurnya dan bangganya atas pencapaian promovendus Made Agung Raharja, SE, Ak, S.Si, M.Cs. Lebih lanjut Suhartana menyatakan bahwa penelitian ini sangatlah luar biasa karena menggabungkan 3 bidang keilmuan dalam memecahkan permasalahan di masyarakat. 3 Bidang ilmu itu adalah Ilmu Budaya, Kesehatan, dan Informatika. harapannya kedepan agar apa yang telah dihasilkan ini dapat dikolaborasikan dengan peneliti-peneliti lain karena apa yang telah dicapai saat ini bukan merupakan akhir, namun dapat dikatakan sebagai awal penelitia-penelitian selanjutnya.


Dihubungi setelah acara pengukuhan, Istri tercinta Degung, Ni Wayan Oktaviari menyampaikan,ucapan rasa bangga dan senangnya atas terselesaikannya studi Doktoral dari Degung. Oktaviari berharap apa yang sudah dibuat oleh sang suami dapat sukses dan bermanfaat bagi masyarakat luas.